Defri Saefullah

Timnas Pelajar U-18 Lolos Semifinal ASFC, Bungkam Korea Selatan 2-1

Posted on

Liputan6.com, Balikpapan- Timnas Pelajar U-18 Indonesia melanjutkan tren positif usai mengalahkan Korea Selatan 2-1 pada 47th Asian Schools Football Championship (ASFC) yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (19/11/2019). Kemenangan ini membawa Indonesia ke Semifinal ASFC.

Kemenangan ini sangat dramatis di saat skuat berjuluk Elang Muda Asia itu harus ketinggalan terlebih dulu pada menit ke-43. Timnas Pelajar U-18 tertinggal melalui aksi Hwang Hae Kwang yang sukses memaksimalkan umpan terobosan untuk dikonversi menjadi gol. Skor 1-0 untuk Korea Selatan.

Akan tetapi keunggulan tim dari Negeri Ginseng itu tak berlangsung lama. Kapten Timnas Pelajar U-18, M. Supriadi mampu menggetarkan gawang Korea Selatan yang dikawal oleh Choi Yoo Jun pada menit ke-50, di mana sikulit bundar diarahkan ke tiang jauh gawang Korea Selatan dan mengenai tiang dalam terlebih dulu sebelum menggetarkan jala.

Kubu Korsel terlihat kebingungan untuk menembus pertahanan rapat skuat Elang Muda. Pola permainan mereka yang mengandalkan bola-bola pendek dan bola-bola silang mampu mengalirkan bola ke lini belakang Indonesia, tetapi mereka tidak mampu mematahkan pertahanan tuan rumah.

Timnas Pelajar U-18 sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada menit ke-58. Umpan silang yang mengarah ke mulut gawang Korsel, mampu dimanfaatkan dengan baik melalui tandukkan Ahmad Athallah Ar Raihan di menit ke-58.

Dalam keadaan unggul, Timnas Pelajar U-18 tak mengendorkan permainan. Indonesia bahkan harus bermain dengan 10 pemain, setelah M. Zein mengoleksi kartu kuning keduanya, lantaran terus menerus memprotes keputusan wasit dan dianggap berlebihan.