Liputan6.com

Timnas Indonesia vs Malaysia: Pahami Sepak Terjang Pelatih Kedua Tim

Posted on

Bagi yang telah merasakan pahitnya kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 lalu, tidak akan melupakan sosok Rajagobal Krishnasamy. Pelatih yang disebut-sebut sebagai Arsene Wenger Malaysia itu merupakan sosok penting di balik keberhasilan skuat Harimau Malaya mengubur mimpi Tim Merah Putih dalam mengakhiri paceklik gelar. 

Kalah 1-5 di babak penyisihan, Timnas Malaysia yang ditangani Rajagobal mampu mengalahkan Timnas Indonesia di babak final dengan agregat 4-2 (3-0, 1-2).  

Nah, Tan Cheng Hoe adalah tangan kanan Rajagobal saat itu. Tidak muncul ke permukaan, tapi perannya sebagai asisten pelatih sangat membantu Rajagobal dalam meramu strategi. 

Tidak hanya di level senior, keduanya sudah bekerjasama sejak 2004, saat Rajagobal masih menangani Malaysia U-19, Harimau Muda A, dan Timnas Malaysia U-23. Di level ini, kolaborasi keduanya juga ciamik. Ini terbukti lewat keberhasilan mereka meraih melaju ke babak perempat final AFC Youth Championship 2004 dan merebut emas SEA Games 2009.

Saat Rajagobal menepi dari timnas Malaysia, Cheng Hoe juga ikut lengser. Dia menolak saat Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memintanya naik pangkat menangani timnas senior. Saat itu, Cheng Hoe lebih tertarik menangani Kedah meski sikap ini sempat menuai kritik. 

Dia berhasil membawa Kedah menjuarai Liga Primer Malaysia dan promosi ke Super League. Atas prestasi ini, Cheng Hoe pun didaulat sebagai M-League’s Best Coach of the Year. 

Namanya kembali ke skuat timnas Malaysia pada tahun 2017. Namun posisinya tetap sebagai asisten pelatih. Kala itu dia tidak berkolabirasi dengan pelatih asal Portugal, Nelo Vingada. Cheng Hoe baru naik jabatan sebagai pelatih kepala tujuh bulan kemudian. FAM memintanya untuk menggantikan posisi Vingada yang memilih mengundurkan diri. 

Saat itu, Cheng Hoe sadar tim yang ditanganinya tidak sekuat tujuh tahun lalu. Bahkan dia tidak ragu mengatakan kepada Fox Sports, Malaysia sebagai underdog di Piala AFF 2018. Meski demikian, Cheng Hoe masih mampu membawa Harimau Malaya ke babak final usai mengalahkan pemegang lima gelar Piala AFF, Thailand di babak semifinal. 

Di final, Malaysia akhirnya kalah dari Vietnam dengan agregat 4-5. Sejak menjabat sebagai pelatih Timnas Malaysia, rekor laga Cheng Ho, 11 kali menang, 4 kali kalah, dan 1 seri.