Terkini Selamat Tiba Di Stamford Bridge, Alvaro Morata!

Posted on
Chelsea akhirnya berhasil mendapat Alvaro Morata dari Real Madrid pada pekan ini setelah biaya transfer dari The Blues untuk Los Blancos disetujuiMorata bergabung dengan skuad Antonio Conte di Singapura seletah lulus tes medis di kawasan latihan Chelsea, Cobham.


Sejatinya, rumor transfer yaitu suatu hal yang tidak bisa terlepas dari informasi dunia sepakbola. Namun, patut diketahui bila rumor transfer yaitu bentuk informasi sepakbola yang kebenarannya sering dipertanyakan. Salah satu bukti dari hal itu yaitu rumor kepindahan Morata ke Manchester United, dan Lukaku ke Chelsea, yang santer sebelumnya terdengar beberapa waktu lalu.


Namun, pada kenyataannya rumor itu justru berbalik, Lukaku yang telah dikabarkan akrab dengan Chelsea, jadinya mendarat ke Old Trafford dan menciptakan publik menjadi heran. Kabar dari Morata pun demikian, pemain Spanyol itu bergabung dengan Chelsea pekan ini dan menciptakan seperti pihak klub dalam keadaan yang ‘saling menikung’ satu sama lain.


Berbicara ihwal Morata, ia yaitu seorang pemain sepakbola profesional Spanyol yang bermain sebagai striker. Pemain dengan nama lengkap Álvaro Borja Morata Martín itu yaitu mantan pemain bintang di skuad U-21 Spanyol, namun, sekarang ia sudah berhasil masuk kedalam skuad utama dari timnas Spanyol.


Pemain kelahiran Madrid itu menandatangani kontrak dengan Real Madrid pada 2008 dari tim tetangga, Getafe CF. Ia mengawali karir dengan seragam El Real dengan tampil untuk Real Madrid C sebagai pemain junior.


Dua tahun berselang atau tepatnya pada bulan Juli 2010, ia dipromosikan untuk menjadi potongan dari Real Madrid Castilla sehabis animo yang sukses bersama tim Real Madrid C. Morata sukses mengantarkan Real Madrid C memenangkan dua gelar dan berhasil mencetak 34 gol. Namun, instruktur tim utama ketika itu, José Mourinho membawanya bersama empat rekan setimnya di Real Madrid Castilla ke tur pramusim di Amerika Serikat.


Penampilan apiknyadi Real Madrid Castilla membawa Morata untuk memulai debutnya bersama tim senior Madrid. Pada Desember 2010, Ia masuk sebagai pengganti Ángel Di María pada menit ke-88 dalam kemenangan La Liga 3-1 atas Real Zaragoza.


Pada selesai Januari 2011, cederanya Gonzalo Higuaín membuat media Spanyol menyarankan Mourinho untuk menunjuk Morata sebagai pengganti Higuain. Namun, Mourinho tidak memilih opsi tersebut. Dia tidak siap berada di starting lineup Real Madrid. Dia perlu tumbuh dan menuntaskan kematangannya di Castilla, ujar manajer asal Portugal itu.


Namun, pada tanggal 13 Februari 2011, Morata seolah ingin menunjukan kepada Mourinho dengan mencetak hattrick pertama dalam karirnya dalam kemenangan 7-1 ketika Real Madrid Castilla berhadapan dengan Deportivo de La Coruña B. Ia menuntaskan animo pertamanya sebagai pemain senior dengan 14 gol di liga, yang membuatnya masuk ke dalam skuad terbaik di samping Joselu, walaupun ketika itu Real Madrid Castilla gagal meraih promosi di babak playoff.


Setahun kemudian, Morata sukses mencetak gol perdananya bagi Madrid. Pada 11 November 2012, ia masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol dalam waktu 60 detik kala Madrid berhadapan Levante. Nama Morata kian naik kala ia bermain penuh pada El Clasico beberap bulan setelahnya. Tak hanya bermain penuh, ia juga mencetak asis. Setelah pertandingan itu, Morata jadinya berhasil masuk sebagai pemain yang tampil reguler untuk tim senior Real Madrid.


Setelah Madrid merengkuh gelar Liga Champions kesepuluh di tahun 2014, Morata berhasil menarik perhatian klub-klub besar Eropa, salah satunya yaitu Juventus. Juve menaruh minat lebih untuk pemain potensial itu. Si Nyonya Tua akhirnya resmi mendapat servisnya dengan biaya 20 juta euro serta janji kontrak selama lima tahun. Namun Real Madrid memperlihatkan opsi klausul buy-back kepada Juventus agar mereka bisa merekrut Morata kembali.


Ia melaksanakan debut di Serie A pada 13 September kala tampil menggantikan Fernando Llorente di menit terakhir pada kemenangan sangkar 2-0 melawan UdineseMorata kemudian sukses mencetak gol pertama bagi Juventus kala ia berhasil menanduk bola ke gawang Atalanta.


Di leg pertama semifinal Liga Champions 2015, Morata tampil melawan mantan klubnya Real Madrid. Ia berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Madrid pada pertandingan itu. Namun, Morata yang masih berkeinginan untuk kembali ke Real Madrid suatu ketika nanti, mengekspresikan kedua gol tersebut tanpa selebrasi. Juve berhasil melaju ke partai final untuk menantang raksasa Spanyol lain, Barcelona. Sayangnya, Juventus ditaklukan oleh trio MSN yang sedang dalam puncak permainannya.


Harapan Morata kembali ke Real Madrid terwujud, di selesai animo 2015/2016, Madrid mengaktifkan klausul buy-back pada Juventus untuk membelinya kembali seharga 30 juta euro. Pemain berusia 24 tahun itu pun kembali berseragam putih kebanggan kota Madrid dibawah kepemimpinan Zinedine Zidane.


Meski ia kembali ke klub yang membesarkan namanya, namun Morata tidak mendapat banyak kesempatan bermain di tim utama. Ia hanya tampil sebanyak 26 kali di La Liga dan hanya 14 di antaranya di mana ia bermain semenjak menit pertama. Meski begitu, raihan golnya mencapai angka 20.


Petualangan barunya terjadi pada tanggal 19 Juli 2017 lalu, dimana klub Chelsea mendaratkan Morata ke Stamford Bridge. Real Madrid kemudian merilis sebuah pernyataan yang berisikan rasa berterima kasih kepada Morata sebab ‘dedikasi, profesionalisme dan sikap teladannya’ selama berada di klub tersebut. Morata diperlukan bisa menjadi ujung tombak yang tajam bagi Chelsea.