Terkini Pilih Inggris Atau Nigeria, Tammy Abraham?

Posted on
Meski bursa transfer sudah ditutup, namun rumor kepindahan masih terjadi. Pemain Chelsea yang sedang dalam masa peminjaman bersama Swansea City, Tammy Abraham, dirumorkan akan pindah. Namun, bukan di level klub, melainkan di level tim nasional.
Federasi sepakbola Nigeria yang berjulukan Nigerian Football Federation (NFF), menyatakan terang-terangan seputar ketertarikannya untuk mendapat Abraham. “Kami sedang mengusahakan untuk mendapat Abraham. Tammy ibarat anak saya. Ayahnya dan saya tumbuh di lingkungan yang sama. Makara saat mereka berbicara wacana dia, saya hanya tertarwa alasannya saya tahu apa yang harus saya lakukan,” ujar Amaju Pinnick, presiden NFF.
Pinnick memang mempunyai relasi erat dengan ayah Abraham. Ia merasa relasi itu akan meyakinkan Abraham untuk membela Si Elang Super. NFF sebenanrya pernah berusaha untuk membujuk Abraham pada Juli 2016 lalu, namun Abraham dan ayahnya tidak berniat untuk memertimbangkan proposal itu. NFF jadinya kembali bergerak untuk mendapat Abraham usai ia sukses mencetak 26 gol dari 48 pertandingan bersama Bristol City isu terkini lalu.
NFF sendiri yakin bahwa mereka akan mendapat Abraham. Jika melihat ke belakang, NFF memang beberapa kali sukses ‘merebut’ pemain dari English Football Association (FA). Victor Moses, Alex Iwobi, Sone Aluko, Shola Ameobi, dan yang terbaru, Ola Aina, jadinya menentukan untuk memperkuat Nigeria usai NFF melaksanakan pergerakan. Komposisi pemain yang berkualitas juga menciptakan NFF yakin Abraham akan tertarik alasannya artinya, Nigeria mempunyai peluang untuk berbicara banyak di sebuah kompetisi. Nigeria kini hanya membutuhkan kemenangan melawan Zambia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.
“Anda harus melihat ke timnas Nigeria dan Andal lihat pemain ibarat William Ekong, Wilfred Ndidi, Leon Balogun, Iwobi, Chidozie Awaziem, Tyronne Ebuehi, Kelechi Iheanacho dan kini kami mempunyai Ola Aina juga. Saya percaya bahwa kami diberkati dan tim ini akan memberi kejutan di Rusia, kalau tidak Rusia, setidaknya di Qatar pada lima tahun mendatang,” ungkap Pinnick.
Lahir di sebuah kawasan berjulukan Camberwell yang berada di London bab selatan, Abraham tumbuh dan besar di Inggris. Ia bergabung berasama perguruan tinggi Chelsea semenjak umur delapan tahun. Namun, hal itu justru menjadi duduk perkara alasannya kedua orang tuanya mempunyai garis keturunan Nigeria.

Tumbuh dan besar di Inggris menciptakan ia tentu lebih mengenal Inggris daripada Nigeria. Abraham juga sudah tampil di tim nasional Inggris muda. Ia tampil di level U-18, U-19, dan yang terakhir, U-21. Dapat dikatakan kalau Abraham mempunyai kedekatan ke Inggris lebih dari Nigeria.
Jika melihat dari sisi sepakbola, Abraham mempunyai beberapa hal yang bisa dipertimbangkan. Pertama, kesempatan bermain di tim utama. Di Nigeria, terdapat dua striker yang lebih berpengalaman darinya. Mereka ialah Ahmed Musa yang sudah mengemas 63 pertandingan dan 13 gol serta Kelechi Iheanacho dengan torehan enam gol dari 11 penampilan. Meski begitu, kini keduanya tidak berada dalam posisi yang baik di level tim. Musa dan Iheanacho bermain di Leicester City dan menjadi bayang-bayang Jamie Vardy serta Shinji Okazaki.
Abraham sendiri selalu bermain semenjak menit pertama di seluruh empat pertandingan yang dijalani Swansea isu terkini ini. Ia sukses mengemas dua gol dari empat pertandingan itu. Namun, bukan hal gampang tentunya untuk menyingkirkan Musa dan Iheanacho dari tim utama Nigeria.
Sementara itu, peluang Abraham untuk tampil di timnas Inggris tentu lebih sulit. Keberadaan Harry Kane, Daniel Sturridge, Jamie Vardy, Danny Welbeck, dan pemain yang satu generasi dengan Abraham, Marcus Rashford, tentu menciptakan Abraham harus berkembang dengan baik dan bisa mencapai level yang setidaknya sama dengan pemain seniornya.
Pertimbangan kedua, peluang kedua tim nasional untuk meraih gelar. Kedua tim nasional tampak akan sulit untuk meraih Piala Dunia dalam waktu dekat. Jadi, kalau lebih realitsis, Abraham bisa melihat pada kesempatan Inggris di European Championship (Euro) dan Nigeria di African Cup of Nations (AFCON).
Peluang kedua tim nasional bahwasanya tidak besar. Namun, Inggris menjadi pilihan yang lebih baik alasannya Nigeria gagal berpartisipasi pada AFCON 2017 dan AFCON 2015 alasannya tidak lolos kualifikasi. Terakhir Inggris gagal berpartisipasi pada Euro ialah pada tahun 2008. Tapi, Inggris sanggup dikatakan belum pernah berhasil di kompetisi Euro. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1960, Inggris tidak pernah masuk final dalam sembilan kesempatan bermain di putaran final Euro.
Hingga kini, belum ada pernyataan resmi wacana pilihan Abraham. Namun, melihat penolakan Abraham di tahun 2016 dan banyak sekali peluang tim nasional Nigeria dan Inggris, NFF harus melaksanakan perjuangan ekstra kalau benar-benar ingin mendapat Abraham