Terkini [On This Day] Thorgan Hazard, Adik Eden Yang Tidak Dikehendaki Bermain Untuk Chelsea

Posted on


Tepat hari ini (24 Juli), Thorgan Hazard merapat ke Stamford Bridge sehabis Chelsea berhasil mendapatkannya dari tim Prancis Lens pada 2012. Mungkin kalau berbicara siapa ikon Chelsea ketika ini, semua orang bakal beranggapan untuk menunjuk Eden Hazard. Namun, patut diketahui, ketika direkrut dari Lille di tahun 2012, adiknya, Thorgan Hazard juga di boyong untuk melengkapi skuad anabawang milik The Blues. Namun, mimpinya sanggup bermain dengan sang abang harus dikubur, pasalnya Thorgan eksklusif dipinjamkan The Blues untuk memperkuat tim asal Belgia, Zulta Waregem dan pindah ke Jerman untuk memperkuat Borrussia Munchengladbach 2 tahun berselang.

Pemain dengan nama lengkap Thorgan Ganael Francis Hazard lahir 29 Maret 1993 dan kini berusia 24 tahun, terpatut dua tahun dari sang kakak, Eden Hazard yang berusia 26 tahun. Ia ialah seorang pesepakbola profesional yang bermain sebagai gelandang serang berkebangsaan Belgia. Saat ini ia bermain sebagai pemain utama untuk klub Bundesliga Jerman Borussia Mönchengladbach dan juga berhasil masuk ke dalam tim nasional Belgia.

Thorgan ialah saudara kandung dari Eden Hazard. Ia merupakan anak tertua kedua di keluarga tersebut. Adik kandung Eden Hazard itu tumbuh di Braine-le-Comte, sebuah kota kecil di wilayah Wallonia, namun ia lahir di La Louvière, Belgia. Nama depannya ‘Thorgan’, terinspirasi dari dongeng di komik strip Belgia yang berjudul ‘Thorgal’. Dan patut diketahui, kalau Thorgan Hazard lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga yang semua anggotanya bermain sepakbola.

Ibunya, Carine, dan ayahnya, Thierry, keduanya ialah pemain sepak bola dari Belgia. Ayahnya menghabiskan sebagian besar karirnya bermain di tingkat semi-profesional dengan R.A.A. Louviéroise di Divisi Kedua Belgia. Ia (Aayahnya) bermain sebagai gelandang bertahan. Lalu, Ibunya bermain sebagai striker di Divisi utama liga sepakbola Wanita Belgia, namun ia berhenti bermain ketika mengandung sang kakak, Eden Hazard.

Thorgan Hazard mempunyai tiga saudara lainnya. Kakak laki-lakinya, Eden, ketika ini bermain untuk Chelsea di Liga Premier Inggris. Lalu ada dua saudara pria Thorgan lainnya yang sama-sama menjadi pemain sepakbola, yaitu Kylian dan Ethan. Pada tahun 2013, Kylian bergabung dengan White Star Bruxelles, namun, kini ia bermain untuk klub Hungaria Újpest FC. Dan adik kecilnya Ethan pergi ke perguruan anabawang mantan klub terdahulu Eden Hazard A.F.C. Tubize.

Hazard dan ketiga saudara laki-lakinya dibesarkan dari lingkungan yang nyaman dengan kedua orang renta mereka. Kedua orang tuanya itu memastikan belum dewasa kesayangannya sanggup mempunyai semua hal yang mereka butuhkan untuk sanggup berprestasi di dunia sepakbola. Keluarga senang itu tinggal “tidak lebih dari tiga meter” dari daerah latihan sepakbola, dan hal tersebut menjadi sebuah laba besar alasannya sanggup dengan gampang mematangkan talenta potensialnya dalam bermain si kulit bundar.

Thorgan Hazard mengarungi awal karir sepakbola profesionalnya itu di klub Prancis Lens pada tahun 2011. Mirip dengan kepindahan sang abang ke Lille, orang tuanya mendapatkan usulan dari Lens dengan cita-cita bahwa akomodasi training di Prancis lebih baik ketimbang di Belgia. Di klub barunya itu ia bertemu dengan rekan satu negaranya di Belgia yang kini berseragam Chelsea, yaitu Charly Musonda.

Ayahnya Thorgan Hazard kemudian mengakui bahwa Eden jauh lebih baik daripadanya, dan menyampaikan bahwa bergabungnya Thorgan dengan klub Utara Prancis itu ialah solusi terbaik, ayahnya mengatakan: “Mereka terlihat begitu akrab di rumah, dan pada ketika yang bersamaan, mereka terintegrasi di dalam struktur di mana mereka sanggup bertumbuh di Prancis. Krena di Belgia hanya sedikit ruang untuk training pemain muda,” tutur sang ayah.

Sebuah petualangan gres mungkin terlintas dipikirannya. Pada tanggal 24 Juli 2012, Chelsea mengkonfirmasi di situsnya bahwa klub London Barat itu telah menyetujui persyaratan dari Lens untuk transfer Thorgan Hazard. Hal tersebut terjadi beberapa ahad sehabis mendatangkan sang abang Eden Hazard dari Lille. Dan debutnya untuk Chelsea terjadi pada ketika The Blues melakoni pertandingan di Liga Eropa U-21, yang berakhir dengan hasil imbang 0-0 melawan Manchester City. Pertandingan itu ialah satu-satunya penampilan Thorgan untuk Chelsea, sebelum kesannya meninggalkan klub.

Harapan memang bukan suatu hal yang sanggup terwujud dengan cepat, hal itulah yang dirasakan Thorgan ketika kedatangan barunya ke Stamford Bridge. Kebijakan Chelsea yang membeli pemain anabawang guna dipinjamkan demi mematangkan visi bermain dari para pemainnya, pula terjadi kepada saudara kandung Eden Hazard itu. Tepat sehabis pertandingan Liga Eropa U-21, Thorgan eksklusif dipinjamkan ke klub Belgia Zulta Waregem. Selama dua ekspresi dominan berseragam tim asal Belgia dengan status derma itu, ia berhasil melakoni 90 penampilan profesionalnya, dan mencatatkan 20 gol serta 30 asis.

Sebuah potensi yang menarik perhatian instruktur Chelsea ketika itu, Jose Mourinho, yang menyempatkan diri untuk melihat penampilan Thorgan secara eksklusif di Belgia. Namun, ia (Thorgan Hazard) gagal menarik perhatian juru seni administrasi asal Portugal itu, sehingga harus kembali dipinjamkan di ekspresi dominan selanjutnya, kala itu ia dipinjamkan ke klub Jerman, Borrussia Munchengladbach.

Semusim dipinjamkan, kesannya Munchengladbach menyatakan kalau mereka ingin merekrut Thorgan Hazard secara permanen. Hal tersebut mencuat alasannya penampilan Thorgan selama semusim sangat impresif dan membantu klub kuda hitam itu sanggup bersaing di Bundesliga. Akhirnya di awal ekspresi dominan 2015/16, Thorgan Hazard resmi permanen berseragam Borrussia Munchengladbach dengan kesepakatan biaya 8 juta euro dan kontrak selama lima tahun.

Namun, mungkin saja mimpinya bermain dengan sang abang bakal terwujud. Pasalnya, Chelsea memperlihatkan komplemen kesepakatan klausul buy-back kepada Munchengladbach untuk sanggup mampu membelinya kembali suatu ketika nanti. Dan hal itu menjadi celah kecil cita-cita dari Thorgan Hazard untuk memperkuat The Blues ‘lagi’ di musim-musim mendatang.

Selama berseragam Munchengladbach, Thorgan sudah mencatatkan 109 pertandingan di semua ajang. Dan pemain bernomor punggung 26 itu berhasil mencetak 22 gol serta 23 asis untuk klub yang menduduki urutan sembilan di kompetisi Bundesliga ekspresi dominan kemudian itu.