Terkini [On This Day] Raul Meireles Gabung Fenebache Usai Memenangkan Liga Champions Bersama Chelsea

Posted on

Sebuah kejutan terjadi pada selesai bursa transfer demam isu panas 2011 ketika Raul Meireles tiba ke Chelsea. Padahal, dia gres menjalani satu demam isu bersama Liverpool dan pemain asal Portugal itu tampil apik. Berbagai kontroversi pun muncul ketika dia tiba-tiba hengkang dari Anfield.

“Apa yang bisa aku katakan yakni Liverpool mempunyai kesepakatan kepada aku dan itu tidak dipenuhi. Tapi itu bukan satu-satunya hal yang patut disalahkan. Karena itulah fans (Liverpool) tidak yakin mengapa aku pergi. Liverpool meminta aku untuk melaksanakan undangan supaya aku masuk dalam daftar pemain yang akan dijual,” ungkap Meireles pada konferensi pers pertamanya di Chelsea.
“Saya memperhatikan apakah Liverpool akan menjual aku pada demam isu panas ini, di mana hal tersebut cukup mengagetkan untuk saya. Tidak ada lagi yang perlu dibicarakan ihwal ini. Saya cukup kaget tapi kini aku akan berkonsentrasi pada masa depan aku bersama Chelsea. Ketika Chelsea memperlihatkan ketertarikan, itu menyerupai peluang emas. Saya di sini sekarang, ini yakni petualangan baru, dan aku ingin melaksanakan hal yang baik di sini,” tambahnya.
Liverpool dikabarkan memperlihatkan kesepakatan kepada Meireles untuk memalsukan gajinya jikalau bermain impresif pada demam isu pertama di Anfield. Meireles karenanya tampil di 41 pertandingan dan mencetak lima gol di semua ajang. Pada ajang Premier League, Meireles mencatatkan 33 penampilan dengan raihan lima gol, lima asis, dan rata-rata rating dari Whoscored sebesar 7,31. Meireles memang tampil apik pada demam isu 2010/11 itu.
Janji tersebut tidak terealisasikan dan Meireles justru diminta untuk menciptakan undangan supaya dirinya masuk dalam daftar pemain yang akan dijual. Chelsea mengambil kesempatan itu sebab cederanya Michael Essien pada masa pra-musim dan kegagalan mendatangkan Luca Modric ketika itu.
Selain sebab Chelsea yakni klub besar, alasan Meireles bergabung dengan Chelsea juga sebab Andre Villas-Boas. “Saya bekerja dengan Andre selama sebulan di Porto, jadi aku merasa akan ada mentalitas yang sama menyerupai di Porto, ihwal harapan untuk memenangkan trofi. Bersama Andre, kami bisa melaksanakan itu,” ujar laki-laki yang kini berusia 34 tahun itu.
Chelsea juga mempunyai beberapa pemain yang dia kenal di timnas Portugal. Bahkan Jose Bosingwa membantunya untuk mengikuti keadaan di hari-hari pertamanya di London. Meireles juga mengenal Paulo Ferreira dan Henrique Hilario. Selain itu, dia juga mengagumi Ramires dan David Luiz yang dulu pernah bermain bersama rival Porto, Benfica.
Meireles dikenal sebagai gelandang besar lengan berkuasa yang enerjik. Ia juga bisa berkontribusi dalam pertahanan dan penyerangan dengan sama baiknya. Ditambah tendangan jarak jauhnya yang baik menciptakan dia menjadi pemain yang andal ketika itu.
Pemain bertato itu menjalani debut kala Chelsea bertandang ke Stadium of Light, markas Sunderland pada 10 September 2011. Ia mencatatkan satu asis dengan umpan panjangnya yang berhasil diselesaikan oleh Daniel Sturridge. Chelsea pulang dengan kemenangan 2-1.
Meireles kerap dipasang bersama Frank Lampard dan Ramires di lini tengah. Gol pertamanya lahir ketika Chelsea membantai Genk dengan skor 5-0 di Liga Champions. Meireles mencetak beberapa gol penting dalam pertandingan Chelsea. Ia mencetak satu gol dalam kemenangan 2-1 Chelsea atas Manchester City dan golnya pada perempat final Liga Champions melawan Benfica berhasil membunuh tabrak dan membawa Chelsea melaju ke semi final.
Pada bulan Maret, Meireles menjalani pertandingan terbaiknya dengan catatan satu gol dan dua asis untuk Fernando Torres pada tabrak perempat final FA Cup. Ia juga tampil dalam kedua leg semi final Liga Champions menghadapi Barcelona yang sedang mendominasi Eropa ketika itu. Kontribusi pertahanan Meireles tak sanggup dipandang sebelah mata pada kedua pertandingan itu.
Tapi sayangnya dia tidak tampil semenjak menit pertama dalam tabrak final FA Cup melawan Liverpool di Wembley. Meireles gres tampil pada menit ke-77 dengan menggantikan Ramires. Sementara itu, dia tidak bisa dilibatkan dalam partai puncak Liga Champions melawan Bayern Munich sebab sanksi.
Meireles mengakhiri demam isu perdananya di Chelsea dengan dua trofi yaitu FA Cup dan Liga Champions. Ia tampil dalam 45 pertandingan di semua ajang dan mencetak enam gol. Meireles bisa memperlihatkan kekuatan di lini tengah Chelsea meski dia bukanlah sasaran utama Chelsea pada bursa transfer demam isu panas 2011 dan catatan rating di ajang Premier League demam isu 2011/12 juga turun menjadi 6,81 jikalau dibandingkan dengan demam isu sebelumnya bersama Liverpool.
Pada demam isu selanjutnya, Meireles menjalani pra-musim bersama Chelsea dan tampil di tiga tabrak perdana Premier League. Namun, Meireles kembali hengkang pada selesai bursa transfer. Fenerbache tiba dengan proposal delapan juta paun dan Meireles karenanya hijrah ke klub asal Turki tersebut, sempurna lima tahun lalu.