Terkini [Birthday Boy] Nemanja Matic, Dari Tim Slovakia Sampai Sukses Di Chelsea

Posted on

Matic, in the middle of our pitch!
Matic, in the middle of our pitch!
Matic, in the middle of our pitch!

Nyanyian itu sangat menggambarkan kepercayaan fans Chelsea terhadap Nemanja Matic. Gelandang asal Serbia yang bisa memberi keseimbangan dalam permainan Chelsea. Namun,  chant tersebut tak akan didengar lagi alasannya yaitu Matic resmi berlabuh ke Manchester United sempurna satu hari sebelum hari ulang tahunnya, 1 Agustus. Hari ini, Matic genap berusia 29 tahun sehabis beliau dilahirkan di kota Sabac pada tahun 1988.
Matic memulai karir sepakbolanya semenjak usia lima tahun. Ia kemudian bergabung dengan Vrelo, perguruan tinggi sepakbola yang dilatih oleh ayahnya sendiri. Ia mulai menjajaki karir seniornya ketika beliau berada di Kolubara, sebelum kesannya bertolak ke Slovakia untuk menandatangani kontrak dengan klub berjulukan Kosice pada tahun 2007. Meskipun lahir dan tinggal di Serbia, beliau juga sempat mendapatkan anjuran untuk menjadi warga negara Slovakia. Namun, beliau menolak anjuran tersebut dan lebih menentukan untuk menjadi warga negara Serbia sepenuhnya.
Matic mempunyai banyak hal Istimewa dalam karirnya bersama Chelsea. Terutama ketika Jose Mourinho membawanya kembali ke Stamford Bridge pada Januari 2014. Sebelumnya, Matic sudah pernah bergabung dengan Chelsea pada Agustus 2009. Ia menandatangani kontrak kontrak empat tahun untuk Chelsea dengan biaya transfer sekitar 1,5 juta paun dari Kosice. Pada periode pertamanya itu, beliau diberi nomor 24. Namun, sangat disayangkan ketika itu beliau tidak bisa menciptakan debutnya secara cepat alasannya yaitu cedera yang beliau sanggup ketika melakoni kompetisi Euro U-21 bersama timnas ingusan Serbia.
Satu bulan sehabis cedera, Matic masuk ke kursi cadangan Chelsea ketika melakoni pertandingan Piala Liga Inggris melawan Queens Park Rangers pada September 2009. Chelsea berhasil menang 1-0 atas lawannya tersebut. Namun, sekali lagi beliau tidak bisa melakoni debutnya pada pertandingan itu.
Tapi, pada kesannya pemain bertinggi 194 cm itu menciptakan debutnya di Premier League pada November 2009 ketika Chelsea menang 4-0 atas Wolverhampton Wanderers. Ia bermain sebagai pengganti Florent Malouda di menit ke-69 pada pertandingan tersebut. Namun, Matic tidak menerima kepercayaan penuh dari manajer Chelsea ketika itu, Carlo Ancelotti. Pada tanggal 23 Agustus 2009, beliau dipinjamkan ke klub Eredivisie Vittese bersama dua rekan setimnya di Chelsea, Matej Delac dan Slobodan Rajkovic. 
Dua tahun berselang, Matic mendapati tamat karir periode pertamanya di Chelsea. Pasalnya, tim asal London barat itu mengalami krisis pemain belakang dan Ancelotti meletakkannya sebagai bab dari kesepakatan dengan Benfica untuk pembelian bek asal Brazil David Luiz pada Januari 2011.
Dapat dikatakan bahwa bertolaknya Matic menuju Benfica yaitu bab dari sebuah bentuk transformasi visi bermain dirinya sendiri. Performanya selama berkarir di klub asal Liga Portugal itu berhasil mendulang bergagai kesuksesan. Hanya dua isu terkini saja berseragam Benfica, Matic bisa meraih penghargaan Premiera Liga Player of The Year (penghargaan pemain terbaik Liga Portugal) di tahun 2013. Ia juga bisa masuk nominasi Puskas Award di tahun yang sama berkat gol indahnya di ajang Liga Champions.
Chelsea kepincut dengan performa Matic. Setelah beberapa kali melaksanakan pergantian kursi kepelatihan semenjak Matic pergi dari Stamford Bridge, pada Januari 2014 beliau kembali tiba ke Chelsea sehabis Mourinho bisa merayunya dengan iming-iming kawasan reguler pada tim utama. Dengan biaya transfer yang mencapai 21 juta paun dari Benfica, beliau menandatangani durasi kontrak selama lima tahun dan opsi perpanjangan setengah tahun.
Debut pertama pada periode keduanya itu pun berlangsung empat hari berselang ketika Chelsea berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1. Ia masuk sebagai pemain pengganti untuk Willian. Mourinho terkesima dengan penampilannya di pertandingan itu dan mempersiapkannya untuk menjadi pemain inti utama pada langgar selanjutnya. Benar saja, selama berseragam Chelsea, Matic selalu berada dalam skuat reguler dan menjadi pilihan pertama.
Hal itu menciptakan Mou beranggapan jikalau tipikal kiprahnya di lini tengah sangat krusial untuk tim, dan beliau menyebut jikalau Matic yaitu pemain yang menyerupai mirip seekor ‘laba-laba’ alasannya yaitu permainannya yang cenderung berangasan dalam melaksanakan intersep terhadap pemain lawan. Matic memang sanggup mendapatkan amanah di lini tengah Chelsea. Kontribusinya tak terelakan dalam gelar Premier League isu terkini 2014-2015 di mana Chelsea menjalani satu isu terkini penuh di posisi teratas. Ia juga masuk dalam PFA Team of the Year pada isu terkini itu.
Setelah Antonio Conte mengambil alih kursi kepelatihan Chelsea, Matic masih menjadi figur penting di lini tengah Chelsea. Duetnya bersama N’golo Kante bisa memperlihatkan kenyamanan bagi permain bertahan dan penyerang. Meski namanya tidak setenar Eden Hazard dan Diego Costa, namun Matic berperan penting dalam gelar Premier League keenam tersebut. Pendukung Chelsea juga niscaya ingat bagaimana sepakan jarak jauhnya mengunci pertandingan semifinal FA Cup melawan Tottenham Hotspurs yang menciptakan Chelsea melaju ke partai puncak.
Namun, kisah bagus Matic bersama Chelsea berakhir satu hari sebelum hari ulang tahunnya. Mourinho ingin bereuni dengannya di Manchester United dan kesannya transfer Matic rampung usai mahar sebesar 40 juta paun disepakati oleh kedua klub. Pada periode keduanya, Matic mencatatkan 151 penampilan dan tujuh gol dalam tiga setengah isu terkini dengan raihan tiga trofi.

Terima kasih, Nemanja Matic!