Terkini Antonio Rudiger, Dari Stuttgart, As Roma, Sampai Chelsea

Posted on
Chelsea kembali aktif di bursa transfer animo panas ini dengan mendatangkan pemain belakang milik AS Roma, Antonio Rudiger.


Sektor pertahanan memang menjadi hal yang krusial untuk Chelsea di animo lalu, dimana The Blues hanya mempunyai tiga bek utama dan dua pelapis yang jarang sekali dimainkan sang manajer, Antonio Conte. Dengan kedatangan bek berusia 23 tahun itu, skuad barisan belakang tim London Biru tersebut akan lebih kokoh.


Antonio Rudiger lahir pada tanggal 3 Maret 1993, ia yaitu pemain sepakbola profesional asal Jerman yang berposisi sebagai bek tengah. Ia pernah memperkuat beberapa tim luar Inggris sebelum karenanya berlabuh ke Chelsea di bursa transfer animo panas ini, VFB Stuttgart dan AS Roma yaitu dua tim yang pernah ia bela.


Karir internasional Rudiger yaitu bermain untuk Jerman dan Sierra Leone (tanah air kelahiran dari ibunya) dan ia merupakan anggota dari beberapa pemain sepakbola ingusan Jerman untuk tim U21. Jika berbicara mengenai keluarga Rudiger, Ayahnya, Matthias Rüdiger, yaitu orang Jerman, sementara ibunya Lily berasal dari negara semenanjung, Sierra Leone. Dan ia mempunyai saudara tiri berjulukan Sahr Senesie.


Debut di Tanah Kelahiran Bersama VFB Stuttgart


Pada tanggal 23 Juli 2011, Rudiger memulai debutnya untuk VFB Stuttgart II di Liga, melawan Arminia Bielefeld, di mana ia menjadi starter pada pertandingan itu. Lalu, di usia yang masih belia, 19 tahun, ia sudah melakoni pertandingan profesional bersama Stuttgart. Pada tanggal 29 Januari 2012, Rudiger mencatatkan debut Bundesliga pertamanya untuk tim utama VFB Stuttgart, dalam pertandingan Bundesliga melawan tuan rumah Borussia Mönchengladbach.


Karirnya pun semakin naik ketika ia tampil untuk pertama kalinya di UEFA Europa League pada tanggal 4 Oktober 2012, dimana ketika itu Stuttgart menghadapi Molde FK di kandang. Ia pun menambah dedikasinya untuk Stuttgart dengan memperpanjang kontraknya dengan tim tersebut hingga Juni 2017, pada tanggal 19 April 2013.


Antonio Rudiger pun berhasil mencetak gol pertamanya untuk Stuttgart pada 1 September 2013, ketika itu Stuttgart memenangkan pertandingan sangkar mereka dengan skor telak 6-2 melawan TSG Hoffenheim. Dengan potensinya itu, ia berhasil menarik perhatian beberapa klub besar luar Jerman, yang menaruh minat besar untuk mendapat servisnya.


Dan minat besar itu jatuh di tangan AS Roma yang berhasil mendapatkannya di bursa transfer animo panas 2015, dimana Rudiger masih terikat kontrak dengan VFB Stuttgart dua tahun lagi. Namun, hal itu tidak menjadi dilema besar bagi AS Roma, alasannya yaitu kepindahannya terealisasikan dengan cepat. Selama memperkuat Stuttgart, Rudiger mencatatkan penampilan sebanyak 80 kali untuk tim utama, dan telah berhasil mencetak dua gol bagi klub asal Jerman itu.


Karir Spesial di Italia Bersama AS Roma


AS Roma terbilang beruntung, pasalnya pada tanggal 19 Agustus 2015, tim Serie A itu berhasil mendapat janji personal untuk pemain potensial sekelas Antonio Rudiger seharga empat juta euro dari VFB Stuttgart. Lalu klub ibukota Italia itu menyetujui biaya transfer yang naik menjadi 9 juta euro dengan opsi perpanjangan satu tahun kontrak.


Pada 30 Mei 2016, Roma secara resmi mendatangkan Rudiger dari VFB Stuttgart dengan biaya 9 juta euro plus bonus 0,5 juta euro, dengan durasi kontrak empat tahun.


Karirnya di Serie A Italia bersama AS Roma membuatnya masuk ke dalam skuad timnas Jerman asuhan Joachim Loew di tahun 2014. Dia melaksanakan debut untuk tim nasional Jerman pada 13 Mei 2014 dalam hasil imbang 0-0 melawan Polandia. Dan debut kompetitifnya untuk Jerman terjadi pada tanggal 11 Oktober 2014 di kualifikasi grup D Euro 2016, ketika Jerman melawan tim yang sama (Polandia).


Meskipun pada awalnya ia masuk dalam skuad 23 pemain untuk Euro 2016, posisi Rudiger tergantikan dari turnamen besar Eropa tersebut alasannya yaitu mengalami cedera ACL pada lutut kanannya ketika sesi latihan, dan itu sempurna terjadi beberapa ahad sebelum Euro 2016 dimulai, yaitu pada tanggal 7 Juni.


Memulai Petualangan Baru di Inggris Bersama Chelsea


Pada tanggal 9 Juli 2017, secara resmi, Rüdiger bergabung dengan Chelsea dari Roma dengan biaya sebesar 29 juta paun dalam janji kontrak lima tahun. Ia akan menggunakan nomor punggung 2 peninggalan Branislav Ivanovic di jerseynya. Dengan kedatangannya ke Stamford Bridge, Rudiger diprediksikan bakal menjadi sosok yang memperkokoh barisan belakang Chelsea. Karakter pertahanan yang sudah ia terapkan di Jerman dan Italia, kemungkinan besar bakal besar lengan berkuasa untuk skuad asuhan Antonio Conte di animo depan.


*


Saat ini Rudiger sedang berlibur, sesudah ia memperkuat timnas Jerman pada piala Konfederasi beberapa waktu lalu, Jerman pun berhasil meraih piala bergengsi itu sesudah menang melawan Chili di partai final. Rudiger akan ikut serta dalam tur pra-musim Chelsea ketika The Blues berhadapan dengan Bayern Munich di Singapura nanti.