Zulfirdaus Harahap

Shin Tae-yong Mendapat Dukungan Presiden Jokowi

Posted on

Cikarang – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Presiden Joko Widodo senang dengan penunjukkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu disebut tidak akan menemui kesulitan dalam beradaptasi dengan budaya di Indonesia.

Shin Tae-yong resmi diperkenalkan PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019. Pelatih yang menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu diikat dengan kontrak berdurasi empat tahun.

Shin Tae-yong mendapatkan tugas ganda di Indonesia. Selain menjadi pelatih timnas senior, pelatih berusia 49 tahun itu menjadi manajer yang membawahi pelatih-pelatih Timnas U-23, U-19, dan U-16.

Untuk mendukung kinerjanya, Shin Tae-yong membawa asisten dari Korea Selatan yakni Gong Oh-kyun, Kim Hae-woon (pelatih kiper), dan Lee Jae-hong (pelatih fisik). Shin Tae-yong juga dibantu pelatih lokal Indra Sjafri dan Nova Arianto.

“Saya kira keputusan PSSI untuk menunjuk Shin Tae-yong sudah tepat. Sepintas, saya lihat pemantauan dia terhadap talenta dan pemain mana yang didorong itu cukup,” kata Zainudin Amali.

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama staf pelatih saat sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan

“Kami juga sudah melapor ke Presiden Jokowi tentang Shin Tae-yong. Beliau senang karena Shin Tae-yong berasal dari Korea Selatan sehingga budayanya tidak terlalu berbeda, masih budaya Asia dan masih bisa menyesuaikan dengan Indonesia,” ujar Zainudin Amali.