Bogi Triyadi

Rekor Pertemuan Myanmar Vs Timnas Indonesia di SEA Games: Garuda Muda 5 Kali Takluk

Posted on

Manila – Timnas Indonesia U-22 akan bertemu Myanmar pada babak semifinal SEA Games 2019 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Sabtu (7/12/2019). Sejarah mencatat, kedua negara tak mendominasi satu sama lain ketika berhadapan di pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Sejak SEA Games 1977, kedua negara berjumpa 11 kali. Timnas Indonesia memenangi lima partai di antaranya, dua kali seri, dan empat pertandingan sisanya memihak untuk Myanmar.

Pertemuan pertama kedua kesebelasan di SEA Games terjadi pada 1977 di Malaysia. Kala itu, Timnas Indonesia dan Myanmar saling sikut untuk memperebutkan tempat ketiga.

Namun, wasit menganugerahi Myanmar dengan medali perunggu sebab para pemain Timnas Indonesia tidak kunjung menginjakkan kaki di atas lapangan setelah ditunggu selama 15 menit.

Adapun, kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Myanmar berlangsung pada babak semifinal SEA Games 1987. Empat gol dari Rully Nere, Herry Kiswanto, Ricky Yacobi, dan Robby Darwis hanya mampu dibalas sekali oleh Than Toe Aung.

Kali terakhir kedua negara bertemu adalah pada SEA Games 2017. Berjumpa pada perebutan medali perunggu, Timnas Indonesia, yang sejak SEA Games 2017 menganut format U-22, berhasil membungkam Myanmar 3-1.

Untuk ke-12 kalinya sepanjang SEA Games, kedua kesebelasan bakal beradu kuat di atas lapangan. Peluang kedua negara relatif imbang. Myanmar adalah kampiun Grup A setelah menyisihkan tuan rumah Filipina dan Malaysia.

Adapun, Timnas Indonesia U-22 melaju ke semifinal beratribut runner-up Grup B. Armada Indra Sjafri itu terpaut satu poin dari Vietnam yang keluar sebagai juara grup.