Okky Herman Dilaga

Rapor Mourinho di MU Masih Lebih Baik dari Solskjaer

Posted on

Manchester – Jose Mourinho sudah hampir setahun meninggalkan Manchester United (MU). Saat ini, pelatih yang akrab dijuluki The Special One itu juga sudah menangani Tottenham Hotspur. 

Namun kehadiran Mourinho di Premier League membuat namanya kembali dikaitkan dengan MU. Sosok Mou seakan terus membayangi pelatih Setan Merah, Ole Gunnar Solskjaer. 

Meski akhirnya dipecat, statistik Mourinho ternyata sedikit lebih baik ketimbang Solksjaer. Dalam 50 laga terakhirnya bersama MU, Mourinho meraih lebih banyak kemenangan.

Sebanyak 27 kemenangan didapat Mourinho dari 50 laga terakhir bersama Manchester United. Ia menelan 13 kali kekalahan dan sisanya berakhir imbang.

Manajemen klub melihat performa tersebut tidak cukup sehingga akhirnya pelatih asal Portugal itu dipecat. Ia lalu digantikan oleh Ole Gunnar Solksjaer yang ironisnya, tidak lebih baik dalam 50 laga perdana di MU.

Solksjaer hanya memenangi 24 pertandingan, menelan 14 kekalahan, dan sisa 12 laga lainnya berakhir imbang. Namun demikian, Ole unggul soal jumlah gol.

Jose Mourinho hanya berhasil mencetak 76 gol, sedangkan Ole sukses melesakkan 77 gol. Akan tetapi, Manchester United di bawah Solksjaer kebobolan sebanyak 56 kali, sementara Setan Merah di bawah kendali Mourinho kebobolan 51 kali.

Ini menjadi catatan yang seharusnya membuat Mourinho lebih percaya diri jelang lawatannya ke Old Trafford dini hari nanti. Tottenham Hotspur juga berhasil memenang tiga laga perdana, satu di antaranya diraih di pentas Liga Champions.

Tottenham menang 3-0 pada pertandingan terakhirnya di Old Trafford bulan Agustus kemarin. Buat Mourinho, ini menjadi standar yang minimal harus ia samai.

Satu hal minor yang mengiringi perjalanan Mourinho bersama Spurs adalah lemahnya pertahanan. Dari tiga pertandingan terakhir, The Lilywhites sudah kebobolan enam kali.