Hesti Puji Lestari

Quartararo Gunakan Yamaha YZR-M1 Versi Terbaru di MotoGP 2020

Posted on

Jakarta – Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo siap meramaikan persaingan papan atas MotoGP 2020. Pasalnya, dia bakal menggunakan motor Yamaha YZR-M1 dengan spek terbaru di kompetisi tahun depan.

“Kami harus tahu dulu apakah sponsor bisa membayar untuk motor versi pabrik tahun depan. Selain itu, kami juga harus tahu tentang apa saja yang akan disediakan Yamaha,” ujar manajer Quartararo, Eric Mahe.

“Meski begitu, kami yakin akan mendapatkan apa yang kami mau. Fabio memang belum menandatangani apa-apa, namun saya dapat menjamin dia akan mengunakan motor terbaik dari Yamaha tahun depan,” tambanya.

Keyakinan manajer rider asal Prancis tersebut cukup masuk akal. Quartararo tampil menyakinkan di perhelatan MotoGP musim ini.

Seperti diketahui, motor yang ditunggangi pembalap berusia 20 tahun itu berbeda jika dibandingkan dengan M1 spek pabrikan Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli.

Motor pembalap kelahiran Nice, Prancis, itu masih Spek B. Namun, justru Quartararo yang paling konsisten tampil papan atas.

Dari 13 balapan yang telah dilalui, rookie Petronas Yamaha SRT itu berhasil naik empat kali podium, yakni di Catalunya, Belanda, Austria, dan San Marino. Bahkan, pada MotoGP San Marino, Minggu (15/9/2019), Fabio Quartararo hampir berhasil meraih podium pertamanya musim ini.

Namun, ia gagal dalam persaingan ketat melawan rider Repsol Honda, Marc Marquez, di lap terakhir. Quartararo harus puas finis di posisi kedua dengan selisih waktu 0,903 detik dari Marquez.

Meski demikian, catatan yang ditorehkannya musim ini tetap mengejutkan. Quartararo menjadi satu-satunya rookie yang berhasil menembus 10 besar klasemen sementara MotoGP 2019.