Bogi Triyadi

PB Djarum Hentikan Audisi Beasiswa, PBSI Khawatirkan Atlet Daerah

Posted on

Liputan6.com, Jakarta – PBSI mengkhawatirkan kesempatan atlet-atlet muda daerah untuk memujudkan mimpinya akan hilang jika audisi PB Djarum dihentikan.

Sekjen PBSI Achmad Budiharto mengatakan audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum tidak hanya mencari bibit pemain saja. “Tapi juga bagian dari kita memasyarakatkan bulu tangkis secara nasional,” kata Achmad di GOR Satria, Purwokerto.

Pernyataan Achmad ini terkait keputusan Djarum Foundation yang menghentikan audisi PB Djarum mulai 2020. Keputusan itu diambil lantaran polemik dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) soal mengeksploitasi anak. Lembaga itu mendesak Djarum Foundation menghentikan penggunaan anak sebagai promosi brand image dalam kegiatan audisi.

Menurut Achmad, audisi PB Djarum selama ini memberi kesempatan kepada atlet-atlet muda daerah untuk mewujudkan mimpi mereka. “Karena tidak semua orangtua dari pemain mampu membawa anaknya ke Jawa,” ucapnya.

“Ini salah satu yang saya khawatirkan. Bisa hilang. Kita tidak bisa mendapatkan lagi pemain model Liliyana Natsir dari Manado. Rusana dari Sumatra, tidak dapat lagi atlet dari Aceh.”

“Rasanya berat bagi mereka (jika audisi dihentikan),” imbuh Achmad.