Faozan Tri Nugroho

Mengupas Statistik Lionel Messi bersama Barcelona Usai Kepergian Pep Guardiola

Posted on

Barcelona – Barcelona memutuskan mendepak sang pelatih, Ernesto Valverde, dan menggantinya dengan Quique Setien, Selasa (14/1/2020) dini hari WIB. El Barca tentunya berharap Setien bisa kembali membuat klub asal Catalan itu berjaya, baik di kancah domestik maupun Eropa.

Satu di antara pertanyaan yang banyak muncul setelah Los Cules menunjuk Quique Setien ialah apakah Lionel Messi akan tetap menjadi sentral permainan Barcelona? Pemain berjuluk La Pulga itu kerap menjadi pilihan utama pada era kepelatihan Ernesto Valverde.

Los Cules selalu bergantung pada Messi meskipun sudah mendatangkan pemain bintang sekelas Antoine Griezmann. Pada musim ini, Messi sudah sudah bermain sebanyak 20 pertandingan dengan menyumbang 16 gol dan sembilan assist.

Sejak Pep Guardiola hengkang, Messi hampir tak tergantikan bersama empat pelatih Barcelona setelah Guardiola. Pada era Pep Guardiola (Juni 2008-Juni 2012), Messi total mencatatkan 219 penampilan dengan mengemas 211 gol dan 88 assist di semua ajang.

Keduanya juga mampu membawa El Barca merengkuh trofi La Liga (3), Copa del Rey (2), Supercopa de España (3), Champions League (2), UEFA Super Cup (2), dan FIFA Club World Cup sebanyak 2 kali.

Tak hanya itu, Messi banyak mendapatkan penghargaan individu bergengsi seperti pemain terbaik UEFA dan FIFA masing-masing sekali serta Ballon d’Or sebanyak 3 kali. Lalu, bagaimana statistik Lionel Messi bersama 4 pelatih Barcelona setelah Pep Guardiola? Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Planet Football.