Paguyuban Suporter Timnas Indonesia Minta Maaf

Malaysia Resmi Adukan Kelakuan Minus Suporter Timnas Indonesia ke FIFA dan AFC

Posted on

Liputan6.com, Kuala Lumpur – Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah mengadukan secara resmi kelakuan minus suporter Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019) pada laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Suporter Timnas Indonesia menganggu jalannya pertandingan di menit ke-72. Beberapa suporter Garuda di tribune selatan melompat ke area jogging track. Mereka kemudian berlari menuju tribune Malaysia untuk menyerang.

Bahkan, Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dan suporter Malaysia yang hadir sempat tertahan selama dua jam usai pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Atas kelakukan minus suporter Timnas Indonesia, Sekretaris Jenderal FAM Stuart Ramalingam mengirim aduan resmi ke FIFA dan AFC dengan bukti-bukti terkait insiden di Jakarta.

“Tuan rumah gagal menepati janji, gagal mengendalikan sikap, bahkan sebelum pertandingan hingga setelah pertandingan yang mencoreng sepak bola Indonesia,” ucapnya, seperti dikutip dari Utusan.

“Namun, fairplay dan profesionalisme sudah diperlihatkan pemain dan ofisial, baik itu Timnas Indonesia maupun Malaysia. Namun, pertandingan sudah dirusak oleh insiden di luar lapangan,” kata Ramalingam menambahkan.