Nurfahmi Budi

Industri Esports di Indonesia Tunjukkan Perkembangan Mencengangkan

Posted on

Jakarta – Ajang IDBYTE Esports 2019 membuka beberapa fakta mencengangkan soal perkembangan esports dan industri esports. Tak hanya di level dunia, pasar di Indonesia menunjukkan beberapa statistik yang tergolong luar biasa.

Satu di antara yang mencuat dalam beberapa pemaparan nara sumber di pentas IDBYTE Esports 2019 adalah jumlah player dan konversi nilai bisnis yang sangat tinggi. Saat ini, jumlah pemain gim di Tanah Air mencapai angka 43,7 juta.

Menurut data Newzoo, angka tersebut belum pasti. Mereka menduga, jumlah tersebut belum 100 persen. Artinya, kuantitas tersebut masih belum terakumulasi.

Newzoo memrediksi, angka 43,7 juta gamers tersebut akan terus bertambah. Apalagi fakta membuktikan jumlah pemain meningkat rata-rata 38 persen setiap tahun. Artinya, prosentase tersebut nyaris sama dengan level pertumbuhan industri esports.

Selain sisi pengguna, pangsa pasar Indonesia juga menunjukkan fakta mencengangkan. Secara industri, saat ini pasar esports Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Level yang ada sekarang mencapai angka 880 juta dolar AS.

Besaran yang setara dengan Rp13,2 triliun tersebut menjadi keuntungan. Artinya, pendapatan para publisher maupun pencipta game melebihi angka tersebut. Sayang, belum ada angka pasti berapa revenue total para publisher dan platform yang beroperasi di Indonesia.