Adyaksa Vidi

HEADLINE: Pencalonan Ketum PSSI 2019-2023, Siapa Masuk Bursa?

Posted on

Dari 11 nama Bakal Calon (Balon) Ketum PSSI ada beberapa yang punya peluang besar untuk menjadi PSSI 1. Selain pengalaman ketiganya juga mengklaim punya dukungan dari voters dalam kongres nanti.

Kandidat pertama adalah La Nyalla Mattalitti. Bagi pecinta sepak bola tanah air, namanya tentu sudah tak asing lagi.

Maklum ia pernah menjabat sebagai Ketum PSSI pada 2011 dan 2015. Ia pun bertekad untuk kembali memimpin PSSI saat ini.

“Saya akan benahi semua aspek. Soal perinciannya terlalu banyak untuk saya sebutkan di sini. Yang jelas, saya akan berkomitmen penuh untuk menjadikan sepak bola Indonesia lebih baik,” ujar La Nyalla beberapa waktu lalu.

Sama halnya dengan La Nyalla, Rahim Soekasah juga wajah lama di persepakbolaan tanah air. Ia pernah menjadi manajer timnas Indonesia U-23 pada 2006 dan Ketua Badan Timnas tahun 2009.

Selain itu Rahim juga pernah menjadi Wakil Ketua Umum Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI). Itu sebabnya Rahim percaya punya kapasitas untuk membawa PSSI lebih maju.

“Saya sebagai orang sepak bola, saya tidak mau sepak bola dihancurkan begitu. Kita perbaiki sepak bola kita. Saya tidak mau sepak bola ini hancur, saya mau sepak bola ini bangkit lagi,” tutur Rahim.

Satu kandidat lain yang juga punya peluang besar adalah Mochamad Iriawan atau yang dikenal sebagai Iwan Bule. Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) mengklaim telah mendulang dukungan dari 61 pemilik suara.

“Mafia sepak bola tentu akan menjadi PR kami. Tentunya, kami akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian karena yang bisa menegakkan secara hukum adalah Polri,” ujar Iwan Bule.

“Kami nanti akan terus berkomitmen begitu ada permasalahan dengan match fixing dan wasit, kami akan minta bantuan ke pihak Kepolisian,” katanya terkait mafia sepak bola yang sempat menjerat sepak bola tanah air beberapa waktu lalu.