Marco Tampubolon

Dua Atlet One Championship Dukung Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia

Posted on

Liputan6.com, Jakarta Dua atlet One Championship Indonesia Anthony “The Archangel” Engelen dan Rudy “The Golden Boy” Agustian antusias menyambut World Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor Dunia. Momen ini dirayakan di berbagai belahan dunia setiap 22 September. 

World Car Free Day bertujuan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor yang awalnya adalah salah satu topik Konferensi Kota-kota Aksesibel di Toledo, Spanyol, Oktober 1994. 

Ajang ini mempromosikan peningkatan angkutan publik, sepeda, dan jalan kaki. Pembatasan kendaraan bermotor juga bermaksud memacu pengembangan berbagai komunitas di lingkungan di mana jarak-jarak aktivitas warga jauh lebih terjangkau.

Penerapan Hari Bebas Kendaraan Bermotor secara nasional dimulai di Inggris oleh Asosiasi Transportasi Lingkungan pada tahun 1997. ‘Virus’ ini kemudian menyebar dengan cepat ke Prancis dan diadopsi lebih luas oleh Komisi Eropa tahun 2000. Beberapa riset terkait pengurangan kendaraan pribadi juga telah membuktikan penggunaan sepeda lebih cepat dan efektif untuk jarak-jarak tempuh di berbagai kota, daripada penggunaan mobil.

Baik Anthony maupun Rudy, ikut mendukung kegiatan ini. “Ini hal yang bagus diterapkan khususnya di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Saya yakin hal ini sangat membantu mengurangi gas emisi knalpot secara umum,” ujar Anthony dalam rilis One Championship.

“Car Free Day juga merupakan kesempatan yang baik bagi siapapun untuk menikmati suasana luar ruang dan beraktivitas di luar ruang. Kegiatan ini baik untuk dunia dan khususnya bagi Indonesia, dan orang-orang bisa beraktivitas dengan senang. Ini win-win situation.” ujar Anthony.

Rudy juga sangat mendukung peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Dunia. “Sangat setuju, karena saya suka main sepeda juga di area Car Free Day dan enjoy waktu dimana tidak ada polusi. Semua orang berolahraga baik sendirian atau bersama teman dan keluarga; sambil menikmati indahnya kota tanpa kepadatan kendaraan. Sangat positif!“