7 Kesimpulan dari Kemenangan Barcelona Atas Sevilla – La Liga

7 Kesimpulan dari Kemenangan Barcelona Atas Sevilla – La Liga

Posted on

Barcelona berhasil masuk ke puncak klasemen sementara La Liga 2018/19 setelah meraih kemenangan 4-2 atas Sevilla di Camp Nou pada Minggu (21/10) dini hari WIB. Tuan rumah meraih kemenangan melalui Philippe Coutinho, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ivan Rakitic, sementara lawan mereka hanya mampu membalas lewat Pablo Sarabia dan Luis Muriel.

 

Berikut adalah tujuh kesimpulan yang dapat dipetik dari pertandingan ini.

7. Rencana Besar Pablo Machin Alami Kegagalan

Keputusan yang diambil oleh Pablo Machin untuk menurunkan Andre Silva dan Wissam Ben Yedder di lini depan, didukung dengan Pablo Sarabia, Mudo Vazquez, dan Ever Banega di lini tengah, adalah keputusan yang patut dipuji dalam pertandingan menghadapi Barcelona di Camp Nou. 

Inkonsistensi lini belakng tim tuan rumah merupakan sesuatu yang disoroti oleh Machin dalam menentukan strategi. Sayangnya, para pemain yang diturunkan oleh Sevilla tidak dapat memanfaatkan peluang untuk menekan lawan mereka sejak awal pertandingan dan tidak dapat meraih hasil positif di akhir laga. 

6. Kesuksesan dalam Rekrutmen Tomas Vaclik

Mendapatkan penjaga gawang dengan kualitas tinggi adalah sesuatu yang sulit dilakukan dalam beberapa waktu terakhir mengingat berbagai tim besar di dunia terus mengembangkan jaringan pemantauan mereka untuk mendapatkan pemain berkualitas dengan nilai transfer yang rendah. 

Keberhasilan Sevilla mendatangkan Tomas Vaclik dari Basel pada bursa transfer musim panas 2018 merupakan bukti bahwa nama besar bukan merupakan sesuatu yang menjamin kualitas seorang pemain. Kesempatan bermain di kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemain berusia 29 tahun itu. 

5. Sevilla Terlambat Bermain Secara Agresif

Setelah tertinggal dua gol melalui Philippe Coutinho dan Lionel Messi, terdapat momen bagi Sevilla untuk meningkatkan tekanan mereka saat pencetak gol kedua Barcelona mendapatkan perawatan akibat cedera yang dialaminya dan membuat tim tersebut menjalani laga dengan sepuluh pemain. 

Andre Silva dan rekan-rekannya tidak dapat memanfaatkan periode yang berlangsung kurang lebih selama 10 menit untuk menciptakan peluang, dan setelah babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk tuan rumah, peluang mereka untuk menyamakan kedudukan menurun secara drastis.

4. Kesempatan Emas Bagi Ousmane Dembele

Sejak bergabung dari Borussia Dortmund pada musim 2017/18, Ousmane Dembele mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan kehidupan baru yang dijalaninya di Barcelona, sesuatu yang wajar mengingat sang pemain baru berusia 20 tahun ketika bergabung. 

Cedera yang dialami oleh Lionel Messi memang merupakan sesuatu yang mengkhawatirkan mengingat Barca akan menjalani rangkaian pertandingan yang sulit dalam beberapa pekan berikutnya, tetapi keadaan ini wajib dimanfaatkan oleh Ousmane Dembele untuk membuktikan kemampuannya kepada Ernesto Valverde.

3. Ernesto Valverde Wajib Kembali ke Prinsip Utama Barcelona

Era kesuksesan Barcelona ketika Pep Guardiola masih menjadi pelatih utama tidak terjadi hanya karena mereka dapat memiliki nilai penguasaan bola yang tinggi dan menciptakan peluang secara konsisten dalam setiap pertandingan, tetapi juga karena kedisiplinan tinggi saat bertahan. 

Hal ini menjadi sesuatu yang tidak terlihat dalam Barca di bawah asuhan Ernesto Valverde sepanjang musim 2018/19. Dalam pertandingan menghadapi Sevilla, Gerard Pique beberapa kali menegur rekan-rekan di depannya yang seakan membiarkan lawan mereka lewat untuk menciptakan peluang. 

2. Kontribusi Signifikan dari Luis Suarez

Performa Luis Suarez cukup sering mendapatkan kritik dalam beberapa waktu terakhir akibat kesulitannya dalam mencetak gol dan menempatkan dirinya dalam posisi yang ideal untuk menciptakan peluang. 

Pada pertandingan menghadapi Sevilla, Luis Suarez terlihat kembali ke performa terbaiknya dengan terlibat dalam tiga gol yang dicetak oleh Barcelona dalam pertandingan ini. Pemain asal Uruguay ini akan kembali menjadi andalan mengingat Lionel Messi akan absen dalam beberapa pertandingan berikutnya. 

1. Menanti Performa Barcelona Tanpa Lionel Messi

Ketika Lionel Messi terjatuh saat berusaha merebut bola dari Guillherme Arana, pendaratan yang dialami oleh bintang asal Argentina itu memperlihatkan secara jelas bahwa ia akan mengalami kesulitan untuk melanjutkan partisipasinya dalam pertandingan itu. 

Setelah terlihat kesakitan saat menjalani perawatan, Messi langsung menjalani pemeriksaan lanjutan yang menyatakan bahwa ia akan absen selama tiga pekan untuk menjalani pemulihan. 

Performa Barcelona dalam pertandingan-pertandingan yang akan dilewatinya akan mendapatkan sorotan tinggi, dan hal ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peluang mereka mencapai target yang ingin mereka raih musim ini.